Kader Alkhairaat, Prof. DR. Huzaemah T. Yanggo, MA, atau yang akrab dipanggil Ustadzah Huzaemah meninggal dunia di RSUD Banten, Jumat, (23/7).

Diketahui sebelumnya, Prof. Dr. Huzaemah T. Yanggo, MA., masih menyempatkan diri via media Zoom mengikuti Tahlil anak pendiri Alkhairaat, Alm. Hj. Syarifah Sadiyah binti Idrus bin Salim Aljufri sekaligus pengukuhan Pengurus Alumni Ponpes Alkhairaat Putri Pusat Palu, Minggu, 11/7).

Ustadzah Huzaemah adalah perempuan kelahiran Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), 30 Desember 1946 (74 tahun) merupakan pakar ilmu Fikih, bidang Perbandingan Mazhab. Dimana pada tahun 2019 lalu, beliau menjadi salah satu pembicara dalam acara “Al-Idaarotul Hadhoriyah Lil Fiqhi Khilafi,” yang berlangsung di Cairo, Mesir. Mantan Rektor Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) ini hadir atas penunjukan dan undangan langsung dari Mufti Mesir, Syeikh Shawki Ibrahim Abdel Karim Allam.

“Saya di undang sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Fatwa. Dan menunjuk langsung nama saya. Di Indonesia kan tidak ada mufti, jadi di anggap sebagai mufti Indonesia itu saya,” ungkapnya

Ustadzah Huzaemah pernah menjabat sebagai Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Putri Alchairaat Pusat Palu yang saat ini telah berubah nama menjadi Pondok Pesantren (Ponpes) Alkhairaat Putri Pusat Palu (1985). Beliau merupakan guru besar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah yang kini juga menjabat sebagai rektor Institut Ilmu Al-Quran, Jakarta (2018-2022). Ustadzah Huzaemah juga aktif menjadi anggota MUI, ia menjadi anggota Komisi Fatwa MUI sejak tahun 1987 & anggota Dewan Syariah Nasional MUI sejak 1997 dan 2000. Beliau juga pernah menjabat sebagai ketua bidang Fatwa MUI. Pada 2000, ustadzah Huzaemah diangkat menjadi Ketua MUI Pusat Bidang Pengajian dan Pengembangan sosial.

Ustadzah Huzaemah menempuh pendidikan dasar hingga perguruan tinggi di lembaga pendidikan Alkhairaat.

Pada 1975, ia meraih gelar Sarjana Muda (BA) dari Fakultas Syariah Universitas Islam (Unis) Alkhairaat yang saat ini telah berubah nama menjadi Universitas Alkhairaat (Unisa). Berselang dua tahun, ustadzah melanjutkan studinya ke Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir hingga meraih gelar Master of Arts (MA) pada 1981 dan gelar doktor pada 1984 yang masing-masing mendapatkan predikat memuaskan (yudicium cumlaude).

Setelah menamatkan pendidikan di Universitas Alkhairaat tahun 1975, ustadzah Huzaemah menyempatkan diri untuk mengabdi di Alkhairaat. Pada tahun 1985, Hj. Syarifah Sadiyah binti Idrus bin Salim Aljufri mengangkat ustadzah Huzaemah sebagai pimpinan Ponpes Alkhairaat Putri Pusat Palu.

Tahun 1992-1996 sebagai anggota POKJA MENUPW. Tahun 1994-1998, ustadzah Huzaemah diangkat sebagai Ketua Pusat Pembelajaran Wanita IAIN Jakarta. Tahun 1996, ustadzah Huzaemah menjabat Ketua Pengurus Besar Persatuan Wanita Islam Alkhairaat Pusat. Tahun 1998, beliau memperoleh penghargaan sebagai salah seorang Tokoh Peningkatan Peranan Wanita dari Menteri Wanita. Pada 2018, Huzaemah menjadi Pembantu Dekan I di Fakultas Syariah dah Hukum, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan menjabat direktur Program Pascasarjana Institut Ilmu al-Quran (IIQ) dan sekaligus Rektor Institut Ilmu Alquran periode 2014-2018 dan berlanjut 2018-2022. Huzaemah mengajar di tiga universtas, yaitu UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan Universitas Indonesia. Selain aktif di dunia akademik, Huzaemah juga pernah menjadi anggota dewan pengawas syariah di Bank Niaga Syariah pada 2000.

Berita lain: HPA Tarakan Gelar Milad Alkhairaat ke 91 Tahun

Tulisan ustadzah Huzaemah telah menghiasai banyak majalah dan media seperti, Majalah Ahkam, Harkat, Akrab dan Studia Islamika. Beliau juga mengisi Forum Konsultasi Agama Islam dalam majalah PARAS.
Beberapa karya ustadzah Huzaemah yang telah diterbitkan antara lain, Pandangan Islam tentang Gender, Pengantar Perbandingan Mahzab, Konsep Wanita dalam Pandangan Islam, Fiqih Perempuan Kontemporer, Masail Fiqhiyah: Kajian Fiqih Kontemporer.

Previous articleIni Pesan Rektor Unisa Pada Mahasiswa Peraih Beasiswa Bank Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here