Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba (AGK) didampingi istri H. Faoniah Djauhar menghadiri acara Lounching Hut Alkhairaat Ke-91 dan Temu Akbar Abnaul Khairaat 2021, bertempat di gedung Dhuafa center, Minggu, 31/1.

Guberrnur pada kesempatan itu mengatakan bahwa sejarah pendidikan Islam Alkhairaat yang didirikan Guru Tua Habib Sayyid idrus bin Salim Aljufri pada tahun 1930 yang di pusatkan di Palu, Sulawesi Tengah.

Kisah nyata gubernur Maluku Utara, AGK selama berada di Alkhairaat Palu, tidak pernah mendengarkan Guru Tua Habib Sayyid Idrus Aljufri marahi para murid, disini terlihat sekali bahwa Guru Tua seorang pendidik.

Oleh sebab itu, menurut AGK, jangan di pandang sebagai warisan masa lalu oleh Guru Tua, melainkan sebagai warisan masa depan, karena perjalanan Guru Tua, adalah seorang Ulama besar yang luar biasa.

Menurut AGK, Lembaga pendidikan islam Alkhairaat, bahwa Guru Tua memikirkan tentang masa depan, karena Alkhairat memiliki peran fungsi yang strategis, karena itu, Abnaul Khairaat harus dapat menanamkan peran dalam menghadapi tantangan dan kondisi perkembangan zaman,” ujarnya.

Turut memberikan sambuatan Komwil Alkhairaat Maluku utara yang diwakili Hasbi yusuf, SE mengucapkan rasa terima kasih kepada panitia dan stering comite yang telah bekerja keras, sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Sementara Ketua panitia Temu Akbar Abnaul Khairaat dan HUT Alkhairat ke-91 Fahria Siradju SH.MH dalam laporan mengatakan, bahwa kegiatan ini dapat terlaksana setelah adanya Surat Keputusan dari Alumni Alkhairaat pusat No. 033/PP-IKKAl/2021 tertanggal 12 Januari 2021, sehingga panitia dan stering comite mulai menyiapkan berbagai kegiatan sampai pada acara puncak nanti. Adapun Tema “Bertakzim Kepada Guru Tua Bersinergi Majukan Alkhairaat.”

Menurut Ketua panitia, bahwa rangkaian kegiatan sesuai jadwal yang akan di laksanakan di beberapa daerah Maluku Utara yang di mulai dengan Milad Hari Kelahiran Guru Tua yang akan di laksanakan di Tobelo pada 15 Maret 2021. Dan bursa souviner dan atribut Alkhairaat di Ternate, sedangkan Haul wafatnya Guru Tua akan di laksanakan di Weda kabupaten Halmahera Tengah pada 22 Mei 2021.

Sedangkan acara puncak Temu Akbar Abnaul Khairaat 2021 dan Peringati Hut Alkhairaat ke-91 akan di pusatkan pada 30 Juni 2021 di Labuha Bacan Kabupaten Halmaheran Tengah.

Berita lain: HPA Tarakan Gelar Milad Alkhairaat ke 91 Tahun

Pendidikan Alkhairaat sudah berkembang pesat dan tersebar di berbagai daerah dan telah menghasilkan puluhan ribu guru agama dan para Da’i termasuk para pejabat pemerintahan di berbagai daerah di Indonesia.

Pada acara tersebut di hadiri Sekda Malut, Forkopimda provinsi Maluku Utara dan kota Ternate, Ketua dan anggota DPRD provinsi Malut, Kakanwil Depag Malut, Rektor STIAN, Ketua MUI provinsi Malut dan para pengurus Alkhairaat se Maluku Utara.

Adapun acara lounching Hut Alkhairaat ke-91 dan Temu Akbar AbnaulKhairaat 2021 diisi dengan Senandung syair Guru Tua oleh Umar Jawas orkes gambus dari Palu;” tutupnya.

Previous articleWali Kota Ternate Resmikan SD Alkhairaat 05
Next articleBEM Universitas Lama Vakum, Para Ketua BEM Fakultas Sowan Ke Rektor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here