Cucu al-Habib ‘Idrus bin Salim al-Jufri (Guru Tua) dan Pimpinan Pondok Pesantren Putri Alkhairaat, Dr. Habib Hasan al-Habsyi, menanggapi kesimpangsiuran berita terkait pelaksanaan Haul Guru Tua tahun ini.

Menurutnya, kesimpangsiuran terkait pelaksanaan Haul Guru Tua tidak perlu terjadi bila Surat Penyampaian yang dikeluarkan oleh Pengurus Besar (PB) Alkhairaat dibaca dengan baik.

“Pengurus Besar telah mengumumkan bahwa Haul Guru Tua tahun 2021 tidak dilaksanakan secara resmi. Secara kelembagaan, tidak ada haul. Tetapi, penting kita garisbawahi surat itu juga menyebutkan bahwa pihak PB tidak melarang bila ada pengurus di daerah yang mau melaksanakan haul dengan menerapkan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat,” jelasnya.

Habib Hasan menerangkan, sejumlah simpatisan Alkhairaat (abnaul khairaat) sudah menghubunginya terkait undangan haul di Masjid Alkhairaat yang mengatasnamakan dirinya.

Ia membenarkan keberadaan undangan tersebut sekaligus menghimbau kepada umat Islam dan abnaul khairaat untuk tidak mempertentangkannya dengan Surat Penyampaian dari PB Alkhairaat.

“Undangan saya itu bersifat pribadi. Saya mengundang atas nama pribadi dan bukan lembaga. Siapa saja yang mau menghadiri haul yang diadakan di Masjid Alkhairaat dipersilakan dengan mengikuti protokol kesehatan. Bila tidak ingin hadir, tidak apa. Silakan membacakan doa untuk Guru Tua dan mengenang kebijaksanaan beliau di kediaman masing-masing,” terangnya.

Di saat yang sama, Habib Hasan juga menghimbau kepada umat Islam untuk mengedepankan sikap mencari titik temu bila dihadapkan pada perbedaan pendapat.

“Para ulama mengajarkan kepada kita sikap al-Jam’u wa al-Tawfiq di dalam setiap perbedaan. Ini warisan yang luar biasa. Kita dianjurkan untuk mencari titik temu dari setiap perbedaan dan bukan mempertajam perbedaan yang ada. Di situasi pandemi seperti ini, penting bagi kita untuk melihat kembali warisan dan kebijakan para ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah, termasuk di dalamnya Guru Tua,” pungkasnya.

Previous articleTugas Berakhir, Air Mata Warga Lembata Iringi Kepulangan Tim Medis FK Unisa
Next articleKetua Utama Alkhairaat: Ikhlas Kunci Sukses Alkhairaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here